Jika pada awalnya status WA hanya bisa berupa teks saja namun semenjak whatsapp dibeli oleh facebook, fitur status di aplikasi whatsapp menjadi mirip dengan fitur story di aplikasi instagram yang juga dimiliki oleh facebook.

Cara Download Status WhatsApp

Meskipun status wa bisa berisi foto dan video namun pihak whatsapp tidak menyediakan fitur download sehingga kita tidak bisa menyimpan status whatsapp dari teman kita dan statusnya akan hilang dalam waktu 24 jam. Untuk bisa menyimpan status whatsapp, kamu bisa menggunakan cara-cara berikut ini. Gadgetlogi akan ulas bagaimana cara mendownload status / story whatsapp tanpa perlu root HP dengan dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Yuk kita mulai pembahasan kita kali ini.

Daftar Isi

1. Menggunakan Aplikasi File Manager Xiaomi

Pada dasarnya dalam dunia komputer dan internet, apapun yang telah kita lihat di HP kita melalui jaringan internet entah itu file, foto, video sebenarnya adalah file yang telah terdownload / tersimpan di HP kita. Nah, kita bisa mengambil status whatsapp dengan menggunakan aplikasi file manager. Syaratnya adalah kamu harus membuka / menonton terlebih dahulu status wa yang akan kamu download.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan aplikasi file manager bawaan HP namun untuk lebih memudahkan kamu menemukan lokasi penyimpanan status WA di penyimpanan HP kamu maka Gadgetlogi rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi File Manager Xiaomi yang bisa kamu download di Play Store.

File Manager : free and easily
Developer: Xiaomi Inc.

Kelebihan dari aplikasi file manager xiaomi adalah kamu bisa mudah mengakses lokasi penyimpanan dari WhatsApp.

  1. Buka aplikasi File Manager. Lalu pilih menu WhatsApp.
  2. Cari dan pilih status wa yang akan kamu download. Tekan ikon download untuk memulai proses penyimpanan status wa.
  3. Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Status Saver

Jika kamu ingin cara yang lebih mudah lagi, maka kamu bisa menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk mendownload status whatsapp yaitu aplikasi Status Saver yang dibuat oleh LaZy GeNiOuZ InC.

Status Saver
  1. Buka aplikasi Status Saver dan jika ada dialog permintaan izin, maka tekan tombol Grant untuk memberikan izin kepada aplikasi Status Saver untuk bisa mengakses memori HP kamu.
  2. Selanjutkan kamu bisa memilih status whatsapp yang ingin kamu download. Bedanya dengan File Manager, di aplikasi Status Saver status WA foto dan video dipisah sehingga memudahkan kita untuk menemukan status yang kita cari.
  3. Jika kamu ingin mendownload banyak status sekaligus, kamu bisa menandainya dengan tekan dan tahan sampai muncul tanda centang.
  4. Klik ikon simpan yang ada di menu atas untuk memulai penyimpanan status WA yang telah kamu pilih.
  5. Selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Status Saver Alternatif

Aplikasi Status Saver ini dibuat oleh InShot Inc., kamu bisa menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif jika aplikasi Status Saver buatan LaZy GeNiOuZ InC. tidak bisa digunakan di HP kamu.

Status Saver for WhatsApp Video, Status Downloader
Developer: InShot Inc.
  1. Buka aplikasi Status Saver dan jika muncul dialog permintaan izin, maka klik tombol Grant untuk memberikan izin kepada aplikasi Status Saver untuk bisa mengakses memori HP kamu.
  2. Selanjutkan kamu bisa memilih status whatsapp yang ingin kamu download. Bedanya dengan File Manager, di aplikasi Status Saver status whatsapp gambar dan video dipisah sehingga memudahkan kita untuk menemukan status yang kita cari
  3. Jika kamu ingin mendownload banyak status sekaligus, kamu bisa menandainya dengan tekan dan tahan sampai muncul tanda centang.
  4. Klik ikon download yang ada di menu atas untuk memulai download status whatsapp yang telah kamu pilih.
  5. Selesai.

4. Menggunakan Aplikasi Snabtube

Aplikasi Snabtube adalah alternatif terkahir jika File Manager, Story Saver dan Story Saver Alternatif tidak bisa digunakan di HP kamu. Aplikasi ini belum ada di Play Store sehingga untuk menginstallnya kamu harus mendownload APKnya melalui situs resmi Snabtube

Snabtube
Developer: Snaptube
  1. Buka aplikasi Snabtube lalu pilih menu Browser.
  2. Lalu cari dan pilih menu Whatsapp.
  3. Selanjutkan kamu bisa memilih status whatsapp yang ingin kamu download.
  4. Untuk mendownload status Wa yang sudah kamu pilih, klik tombol download yang telah disediakan.
  5. Selesai.

Catatan Penting

Jika kamu berniat mengupload ulang / repost status WA yang kamu download maka kamu HARUS meminta izin terlebih dahulu dan juga memberikan credit pada pemilik status WA.

Semoga bermanfaat.