Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan IDM adalah sebuah software yang sangat populer dan terbukti berhasil untuk memaksimalkan kecepatan download. IDM juga merupakan aplikasi yang sangat ringan sehingga bisa digunakan di banyak komputer windows.

Beberapa kelebihan dari IDM adalah sebagai berikut:

  1. Kecepatan download menjadi maksimal dan stabil.
  2. Memiliki fitur untuk menlanjutkan (resume) jika terjadi error saat proses pengunduhan data.
  3. Memiliki fitur timer download dan timer shutdown komputer sehingga sangat membantu ketika digunakan untuk mendownload file dengan ukuran yang sangat besar dan membutuhkan waktu yang sangat lama.
Cara Melanjutkan Download Di IDM

Sebenarnya dengan fitur resume download yang sudah ada, kamu bisa dengan mudah melanjutkan proses download ketika terjadi error misalnya seperti koneksi terputus karena kuota habis, mati listrik atau komputer hang. Namun fitur resume download ini bisa digunakan atau tidak tergantung dari server dimana kamu mendownload filenya.

Hal ini karena tidak jarang untuk mengurangi beban server atau karena memiliki layanan premium, para pemilik server biasanya membuat file yang di download dari server mereka tidak bisa diresume sehingga jika download terputus maka harus mengulangi proses download dari 0%.

Kenapa bisa IDM memberatkan server penyimpanan file? nah, biasanya untuk menjaga agar server tetap stabil para pemilik server melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Melarang resume download.
  2. Memberi batasan (limit) kecepatan download.
  3. Memberi batasan untuk 1 IP Address hanya boleh mengunduh 1 file yang sama dalam 1 waktu. Hal ini karena kecepatan download yang dibatasi bisa diakali jika IDM bisa mendownload 1 file yang sama secara paralel. Misalnya jika kecepatan download dibatasi hanya 1 Mbps maka jika IDM bisa mendownload 8 bagian dari 1 file yang sama secara paralel maka kecepatan downloadnya menjadi 1 x 8 = 8 Mbps.
  4. 1 URL download hanya bisa digunakan dalam kurun waktu 24 jam. Setelah 24 jam maka URL download tidak bisa digunakan lagi karena sudah berubah.

Jika kamu mendownload dari server yang memberi batasan-batasan seperti di atas maka kamu tidak bisa dengan mudah untuk melanjutkan proses download. Namun jangan khawatir karena IDM sudah menyediakan solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Bagaimana caranya? yuk simak pembahasan Gadgetlogi berikut ini.

Menggunakan Fitur Resume Download

Kamu bisa menggunakan opsi ini jika server tempat kamu mendownload file tidak melarang resume download.

Bagaimana kita bisa tahu jika suatu server memperbolehkan resume download? untuk mengetahuinya kamu bisa melihat tombol Pause, tombol Resume atau tombol Start yang ada di IDM saat proses download berlangsung. Jika tombol-tombol tersebut aktif dan bisa diklik maka itu berarti server tersebut memperbolehkan resume download.

  1. Pertama, buka aplikasi Internet Download Manager lalu cari file dengan proses download yang belum selesai, misalnya karena terpause atau karena koneksi terputus.
  2. Klik kanan pada nama file yang sedang terpause lalu pilih opsi Resume Download.
  3. Atau bisa juga dengan klik dua kali nama file tersebut lalu klik tombol Start.
  4. Selesai.

Menggunakan Fitur Refresh Download Address

Gunakan opsi ini jika server tempat file yang kamu download melarang resume download atau URL download sudah expired (berubah)

Bagaimana kita bisa tahu jika suatu server tidak memperbolehkan resume download? untuk mengetahuinya kamu bisa melihat tombol Pause, tombol Resume atau tombol Start yang ada di IDM saat proses download berlangsung. Jika tombol-tombol tersebut tidak aktif dan tidak bisa diklik maka itu berarti server tersebut melarang resume download.

Untuk melanjutkan download di IDM yang terputus namun tidak bisa diresume adalah seperti berikut:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Internet Download Manager lalu cari file dengan proses download yang belum selesai, misalnya karena koneksi terputus.
  2. Lalu klik kanan pada nama file yang ingin kamu lanjutkan dan pilih opsi Refresh Download Address.
  3. Klik tombol OK untuk melanjutkan proses untuk IDM agar bisa mendapatkan URL download file yang baru.
  4. Setelah kamu klik tombol OK maka akan terbuka browser dan situs kamu mendownload file. Silahkan ulangi proses download seperti pada saat kamu mendownload file tersebut karena bisa saja ada captcha atau tombol download yang harus di klik.
  5. Setelah URL download baru berhasil di dapatkan oleh IDM maka proses download akan bisa dilanjutkan.

Sekian. Semoga bermanfaat.