Jika kamu pernah menggunakan aplikasi chat selain WA (WhatsApp) seperti LINE dan Telegram, tentu kamu tidak asing dengan fitur stiker. Kini aplikasi WA sudah mendukung fitur stiker meskipun masih stiker gambar diam dan bukan stiker gambar bergerak (animasi) seperti yang ada di aplikasi chat yang lain.

Update Tanggal 8 Juli 2020

WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur stiker bergerak / stiker animasi.

Nah, tentunya dengan adanya stiker ini dapat membuat personal chat dan juga chat di grup jadi semakin asyik dan seru. Apalagi dengan adanya stiker yang unik, lucu, keren dan bahkan stiker dengan foto sendiri. Kelebihan dari stiker di WhatsApp adalah kita bisa membuat stiker sendiri dengan gambar ataupun foto diri kita.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Artikel kali ini akan Gadgetlogi berikan panduan dengan langkah-langkah bergambar bagaimana cara mudah membuat stiker WA di HP Android dan juga HP iPhone dengan gratis menggunakan 3 aplikasi pembuat stiker WA paling populer: Sticker.ly, DIY Sticker Maker dan Wemoji. Setiap aplikasi memiliki kelebihan masing-masing pada fitur pengeditan gambar jadi silahkan kamu gunakan aplikasi manapun yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Daftar Isi

Syarat Gambar yang Boleh Dijadikan Stiker Di WhatsApp

Sebelum membuat stiker di WA, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan.

  1. Gambar stiker tidak boleh melanggar hukum seperti mengandung pornografi, melanggar hak cipta, SARA dan yang lainnya.
  2. Gambar stiker tidak bertujuan untuk menghina, merendahkan dan mengolok-olok.
  3. Jika membuat stiker dengan gambar atau foto orang lain pastikan kamu sudah mendapat izin terlebih dahulu.

1. Menggunakan Aplikasi Sticker.ly

Opsi ini bisa digunakan untuk membuat stiker WA di HP android dan juga HP iphone karena aplikasi Sticker.ly tersedia di kedua jenis HP tersebut.

Sticker.ly (Android)
Developer: SNOW, Inc.
Sticker.ly (iOS)
Developer: SNOW INC.
  1. Buka aplikasi “Sticker.ly” tekan tombol tambah (+) berwarna biru yang ada di bagian bawah tengah layar.
  2. Setelah itu pilih gambar yang ingin kamu jadikan stiker. Pada tahap ini kamu bisa menggunakan fotomu sendiri agar stiker yang dibuat menjadi lebih unik.
  3. Lalu akan ada 3 fitur antara lain: otomatis, manual dan potong untuk melakukan pengeditan pada gambar yang kamu pilih. Jika sudah, tekan tombol “Berikutnya” yang ada pada pojok kanan layar.
  4. Setelah itu akan ada 3 pilihan yaitu “Sesuaikan” untuk mengatur warna gambar stiker, “Teks” untuk menambah teks pada gambar stiker dan “Emoji” untuk menambahkan emoticon pada stiker.
  5. Setelah selesai, kamu bisa memberikan label pada stiker buatanmu ini lalu tekan tombol “Simpan” yang ada pada pojok kanan layar.
  6. Kamu juga bisa menambahkan Pak Baru (Pack). Gunanya Pak ini adalah jika teman kamu ada yang ingin menyimpan stikermu maka akan muncul informasi pembuat dan nama stikermu.
  7. Langkah terakhir, untuk menambahkan hanya satu stiker yang kamu buat tadi caranya adalah tekan gambar stiker tersebut.
  8. Lalu tekan tombol “Tambahkan ke WhatsApp“.
  9. Nanti akan ada pesan konfirmasi. Jika kamu setuju langsung saja tekan tombol “Tambahkan“.
  10. Hasil dari stiker yang sudah kamu buat tadi sudah berhasil ditambahkan.

2. Menggunakan Aplikasi DIY Sticker Maker

DIY Sticker Maker (Android)
  1. Buka aplikasi “DIY Sticker Maker” lalu pilih timbol biru bertuliskan “Paket Stiker Baru” yang sudah Gadgetlogi tandai dengan kotak merah.
  2. Pada tahap kali ini kamu harus membuat Paket Stiker (Pack) yang merupakan informasi nama paket stiker dan nama pembuatnya. Setelah selesai mengisi, silahkan tekan tombol centang berwarna biru yang ada di pojok kanan layar.
  3. Untuk menambahkan gambar atau foto yang akan dijadikan stiker WA, klik tombol tambah (+) berwarna biru seperti berikut ini.
  4. Lalu akan ada 2 pilihan yaitu Kamera atau Galeri. Di sini Gadgetlogi memilih “Galeri” untuk memilih gambar yang sudah ada di galeri HP.
  5. Masih seperti sebelumnya, ada 3 fitur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pemotongan gambar pada stiker yaitu Manual, Potong Lingkaran dan Potong Persegi. Jika sudah, tekan tombol centang berwarna biru yang ada di pojok kanan layar.
  6. Pada tahap selanjutnya kamu bisa menghapus bagian gambar dan mengembalikannya jika kamu ingin mengembalikan bagian gambar yang kamu hapus.
  7. Pada tahap ini kamu bisa menambahkan Stiker (semacam emoticon) dan juga Teks ke dalam stiker buatanmu. Setelah selesai, tekan tombol simpan berwarna biru yang ada di pojok kanan layar.
  8. Selanjutnya, tekan tombol hijau bertuliskan “Tambahkan ke WhatsApp“.
  9. Akan muncul pesan konfirmasi, langsung saja tekan tombol “Tambah“.
  10. Dan hasilnya stiker WhatsApp buatanmu berhasil terpasang.

3. Menggunakan Aplikasi Wemoji

Wemoji (Android)
Developer: Picmax
  1. Buka aplikasi “Wemoji” lalu tekan tombol “Create Sticker” untuk membuat stiker WAmu sendiri.
  2. Selanjutnya tekan tombol “Photo” untuk memasukkan foto yang akan dijadikan stiker WA.
  3. Cari file fotomu di Galeri atau File Manager. Contoh kali ini Gadgetlogi akan mengambilnya di Galeri.
  4. Pada tahap ini kamu bisa menambahkan Emoji, Sticker dan juga Text pada stiker buatanmu. Jika sudah, silahkan tekan tombol “SAVE” yang ada di pojok kanan layar.
  5. Akan muncul pesan konfirmasi penyimpanan, tekan tombol “YES” untuk melanjutkan proses penyimpanan stiker.
  6. Pada bagian ini silahkan isi formulir untuk membuat paket stiker (Pack) yang terdiri dari informasi nama stiker dan nama pembuat stiker. Jika sudah selesai, tekan tombol “SAVE” untuk menyimpan dan melanjutkan proses pembuatan stiker.
  7. Langkah terakhir adalah tekan tombol “TAMBAH” untuk menambahkan stiker buatanmu ke dalam aplikasi WhatsAppmu.
  8. Hasil dari membuat stiker di Wemoji sudah berhasil terpasang di aplikasi WhatsAppmu.

Silahkan mencoba dan semoga bermanfaaat.