3 Cara Mempercepat Download IDM Sampai Maksimal

Internet Download Manager (IDM) memiliki fitur memaksimalkan kecepatan download. Namun terkadang ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar fitur tersebut berjalan dengan maksimal.

Dalam artikel kali ini, GadgetLogi akan memberikan panduan cara mempercepat kecepatan download di IDM tanpa aplikasi, tanpa proxy, dan juga tanpa mengubah Regedit sehingga jika kamu yang masih pemula atau awam tentang komputer tetap bisa menggunakan cara ini.

Cara Mempercepat Download IDM

Nah, dengan cara ini kamu hanya perlu mengatur dan memaksimalkan seting yang sudah disediakan dan direkomendasikan oleh IDM di situs web resmi mereka.

Bagaimana? Ingin tahu bagaimana caranya? simak artikel ini sampai selesai, yuk.

Daftar Isi

Penyebab Download IDM Lambat

Ada beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi kecepatan download di IDM, yaitu:

  1. Kecepatan internet yang kamu gunakan. Batasan kecepatan download bisa datang dari provider, kekuatan sinyal dan jenis paket internet.
  2. Kecepatan server penyedia file yang kamu download.
  3. Jarak server penyedia file yang kamu download. Jika server berada di tempat yang jauh, beda benua misalnya maka akan mempengaruhi kecepatan download.

Nah, setelah mengetahui hal-hal tersebut. Sekarang waktunya kamu mengikuti beberapa tahapan selanjutnya.

Persiapan

Persiapan pertamanya adalah pastikan versi IDM yang kamu gunakan adalah versi terbaru. Sehingga tidak ada bug dan error yang mengganggu kecepatan download.

Jika kamu masih menggunakan IDM versi lawas maka silahkan perbaharui secara manual terlebih dahulu IDM kamu menjadi versi terbaru melalui menu Help lalu pilih opsi Check for Updates dan klik tombol Update Now.

Agar lebih mudah, jangan mematikan fitur update otomatis di IDM sehingga kamu akan mendapatkan notifikasi jika ada update IDM versi baru.

Periksa Kecepatan Maksimal Download

Sebelum mengikuti cara mempercepat download di IDM, hal yang harus kamu lakukan adalah cek kecepatan download dari koneksi internet yang kamu gunakan.

Hal ini bertujuan agar kamu tahu apakah kecepatan download di IDM yang kamu gunakan sudah maksimal atau masih bisa ditingkatkan.

Lantas, bagaimana caranya?

Untuk mengetahui kecepatan download maksimal dari koneksi internet yang kamu gunakan adalah dengan menggunakan speedtest.net dan pilih lokasi tes yang paling dekat dengan kamu.

Jangan khawatir karena biasanya proses mencari tes server yang paling cepat akan berjalan secara otomatis.

Berikut adalah caranya:

  1. Buka https://www.speedtest.net/ lalu klik tombol GO dan tunggu sampai tes selesai.
  2. Setelah tes selesai, perhatikan hasil kecepatan Download yang tertera.
  3. Untuk mengetahui kecepatan download maksimal di IDM, caranya adalah dengan membagi 8 kecepatan download tersebut.
  4. Sehingga jika kecepatan download di speedtest.net yang kamu dapatkan adalah 16 Mbps maka kecepatan download maksimal yang bisa didapatkan oleh IDM adalah 16 dibagi 8 yaitu 2 Mbps.

Langkah-langkah Mempercepat Download IDM

Sekarang kamu sudah tahu kecepatan download maksimal yang bisa kamu dapatkan. Jika ternyata kecepatan download di IDM masih jauh di bawah kecepatan download maksimal yang kamu punya, maka silahkan ikuti tahap-tahap berikut ini.

Silahkan ikuti secara urut mulai dari tahapan no. 1 sampai dengan no.3.

Matikan Aplikasi Lain yang Menggunakan Internet

Pastikan terlebih dahulu tidak ada aplikasi lain yang menggunakan internet. Misalnya aplikasi web browser yang sedang streaming Youtube, Windows yang sedang update, proses download di browser, steam yang sedang download game, dll.

Untuk memudahkan kamu memeriksanya, silahkan buka Task Manager di laptop Windows kamu dengan cara tekan tombol CTRL + ALT + DELETE lalu periksa bagian network.

Berikut adalah caranya:

  1. Buka Task Manager dengan cara tekan tombol CTRL + ALT + DEL lalu klik menu Task Manager.
  2. Setelah Task Manager terbuka, klik tombol More details.
  3. Setelah itu akan muncul daftar dari semua aplikasi yang sedang berlajan.
  4. Perhatikan bagian Network dan cari aplikasi selain IDM yang menggunakan bandwidth internet.
  5. Setelah ketemu, klik kanan nama aplikasi tersebut lalu pilih opsi End task.
  6. Selesai.

Matikan Speed Limiter

Fitur ini sebenarnya bertujuan untuk membatasi kecepatan download sehingga jika kamu sedang download di IDM maka aktifitas internet lain seperti browsing, main game online dan chatting tidak terganggu.

Nah, fitur ini juga sangat berguna agar kamu tidak mengganggu kelancaran internet dari pengguna WiFi lain ketika kamu sedang mendownload di IDM.

Berikut adalah cara mematikan fitur speed limiter di IDM agar kecepatan download bisa maksimal:

  1. Buka IDM lalu klik menu Downloads.
  2. Pada daftar menu yang muncul, pilih menu Speed Limiter.
  3. Kemudian pada daftar opsi yang muncul, silahkan pilih opsi Turn off.
  4. Selesai.

Maksimalkan Connection Number

Connection number di IDM adalah banyaknya jumlah bagian file yang di download secara bersamaan. Fitur ini bisa mempercepat kecepatan download jika server dari file yang kamu download memberikan limit kecepatan download.

Wah, terdengar rumit ya? sebenarnya tidak kok. Agar lebih mudah dipahami, berikut ini adalah contoh kasusnya:

Misalnya kamu mendownload 1 file di server A. Ternyata, server A membatasi kecepatan download pada setiap koneksi menjadi 1 Mbps.

Sehingga, meskipun kecepatan download maksimal yang kamu punya adalah 10 Mbps namun kecepatan download yang kamu dapat tetap 1 Mbps.

Masuk akal bukan?

Untuk mengatasi limit tersebutlah IDM memberikan fitur Connection Number. Cara kerjanya adalah dengan membagi 1 file tersebut menjadi banyak bagian sesuai jumlah yang kamu pilih.

Misalnya jika kamu memilih 2 connection number, maka 1 file tadi akan di download oleh 2 koneksi secara bersamaan. Koneksi pertama akan mendownload setengah bagian dari file tersebut, dan koneksi kedua akan mendownload setengah bagian lainnya dari file tersebut.

Oleh karena ada 2 koneksi yang terjadi, maka kecepatan download maksimal yang bisa kamu dapat adalah 1 Mbps x 2 yaitu 2 Mbps. Wah hebat ya? cara ini akan sangat berguna jika kamu ada di proses meresume download di IDM yang terputus.

Nah, berikut adalah cara mengatur Max Connection Number di IDM:

  1. Buka IDM lalu klik menu Downloads.
  2. Pada daftar menu yang muncul, klik menu Options.
  3. Setelah itu pilih tab menu Connection.
  4. Ubah Connection Type/Speed menjadi High speed.
  5. Lalu pada Max . connections number, silahkan pilih angka minimal 8 dan maksimal 32. Kamu bisa mencoba 32 agar maksimal.
  6. Jika muncul pesan peringatan, klik tombol OK.
  7. Setelah itu silahkan pastikan seting sudah benar lalu klik tombol OK.
  8. Selesai.

Video Panduan

Kamu bisa menonton video panduan “cara mempercepat IDM” di channel youtube GadgetLogi berikut ini:

YouTube Video: po391xyLoZw

Kesimpulan

IDM bisa digunakan untuk memaksimalkan kecepatan download namun tidak bisa mempercepat kecepatan download lebih dari kecepatan download maksimal dari koneksi internet yang kamu punya.

Mempercepat download IDM akan memaksa IDM menggunakan seluruh bandwidth internet yang kamu gunakan.

Sehingga, jika kamu menggunakan koneksi internet dari WiFI maka kecepatan internet pengguna lain akan sangat melambat. Oleh sebab itu, gunakan cara mempercepat download IDM ini dengan bijak.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Ulasan

Penilaian: