Menampilkan layar HP android ke PC disebut dengan istilah screen mirroring. Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk presentasi, melihat film dari hp ke laptop atau digunakan untuk bermain game hp dengan layar yang lebih besar yaitu dengan layar pc ataupun laptop. Mirroring biasanya juga digunakan untuk menyiarkan permainan para streamer gaming yang bisa kamu tonton melalui Youtube Gaming.

Cara Menampilkan Layar HP Android Ke PC

Sebenarnya ada banyak cara menampilkan layar hp android di PC seperti menggunakan alat HDMI Capture Elgato, menggunakan Wifi dan yang terakhir adalah menggunakan kabel USB. Nah, rekomendasi Gadgetlogi adalah menampilkan layar hp android ke pc menggunakan kabel USB. Mengapa demikian? alasan yang pertama adalah harga hardware elgato relatif mahal. Meskipun sebenarnya elgato sangat cocok jika kamu adalah streamer game yang melakukan streaming dalam waktu yang lama karena elgato adalah alat terpisah dari HP sehingga tidak membuat HP panas dan bisa streaming dengan realtime beresolusi full HD (1080p) 60 fps bahkan sampai resolusi 4k.

Alasan kedua adalah menggunakan Wifi untuk mirroring layar hp meskipun gratis karena tidak membeli perangkat lagi namun lebih sering terjadi lag, delay dan membuat hp panas (overheat). Karena alasan-alasan tadilah Gadgetlogi merekomendasikan untuk menggunakan kabel USB yang dimana selain gratis juga minim lag dan delay, suhu hp juga tidak terlalu panas.

Meskipun demikian jika menggunkan wifi maka kamu jadi lebih leluasa menggunakan HP karena tidak terganggu dengan adanya kabel USB. Nah, dengan adanya 2 pilihan tersebut sekaligus konsekuensinya kamu bebas memilih cara mana yang kamu butuhkan.

Berikut ini Gadgetlogi berikan panduan cara menampilkan layar hp android menggunakan kabel USB dan juga Wifi.

Daftar Isi

Persiapan

  1. Aktfikan Opsi Pengembang di hp androidmu dengan cara buka Pengaturan -> Sistem -> Tentang Telepon lalu scroll ke bawah dan klik Build Number sebanyak 7 kali.
  2. Setelah aktif maka akan muncul menu baru yaitu menu Opsi Pengembang.
  3. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Debugging USB dengan cara masuk ke menu Pengaturan -> Sistem -> Opsi Pengembang lalu centang Debugging USB.
  4. Jika muncul pilihan “selalu izinkan” maka pilih pilihan tersebut agar kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan ini lagi.

Ada 2 rekomendasi aplikasi mirroring HP android yang ringan dan stabil. Kedua aplikasi ini gratis dan keduanya mendukung mirroring dengan kabel USB dan juga Wifi. Silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi yang kamu mau. Kamu bebas memilih karena keduanya sama-sama bagus dan dapat digunakan tanpa perlu root HP sehingga garansi HP tetap aman.

ApowerMirror (PC)
Developer: Apowersoft Ltd.
ApowerMirror (Android)
Developer: Apowersoft Ltd.
ApowerMirror (iOS)
Developer: Apowersoft Ltd.
Vysor (PC)
Developer: ClockworkMod
Vysor (Android)
Developer: ClockworkMod

1. Menggunakan Kabel USB

  1. Langkah pertama adalah dengan menginstall aplikasi Apower Mirror di PC atau laptopmu.
  2. Setelah selesai menginstal Apower Mirror di PCmu, buka aplikasi tersebut kemudian login menggunakan akun facebook atau akun google (gmail).
  3. Setelah selesai, maka kamu akan diarahkan untuk memilih connect menggunakan Wifi atau USB. Pilihlah menu USB jika ingin screen mirroring hp android menggunakan kabel USB.
  4. Selanjutnya kamu perlu menginstal aplikasi ApowerMirror di hpmu yang bisa kamu temukan di Google Play Store dan juga Apple App Store.
  5. Siapkan kabel USB dan hubungkan hpmu ke pc dengan kabel USB.
  6. uka aplikasi ApowerMirror yang ada di HPmu dan pilih tombol tengah dibagian bawah untuk connect ke ApowerMirror yang ada di komputermu.
  7. Tekan tombol USB untuk menghubungkan HPmu dengan PC.
  8. Jika ada permintaan “Debugging” silahkan izinkan dulu agar proses mirroring bisa dilanjut.
  9. Jangan lupa untuk mengubah settingan USB dari “Charging Mode” menjadi “Transfer File“.
  10. Jika sudah, maka tampilan ApowerMirror di PC kamu akan menampilkan nama HPmu.
  11. Tekan tombol sesuai dengan nama / tipe smartphone kamu.
  12. Selesai. Layar hpmu sudah tampil di PCmu.

2. Menggunakan WiFi

  1. Pertama buka aplikasi ApowerMirror di PC atau laptopmu dan juga di smartphone kamu. Pastikan kamu sudah menggantinya ke WiFi Connection dan bukan bukan USB Connection. Pilihan jenis koneksi ada di bagian atas layar.
  2. Jika sudah membuka Apowermirror di smartphone kamu, pastikan smartphone dan komputermu sudah terhubung dalam 1 jaringan Wifi yang sama. Setelah itu klik tombol Mirror.
  3. Kemudian akan ada 2 opsi yaitu Phone Screen Mirroring dan Computer Screen Mirroring. Silahkan pilih opsi Phone Screen Mirroring untuk menampilkan layar HP di PC dan tunggu hingga proses mirroring selesai.
  4. Jika proses sudah selesai akan ada pesan “Wifi mirroring to” yang artinya kamu sudah berhasil menampilkan layar HPmu ke PC melalui jaringan Wifi.
  5. Silahkan buka aplikasi atau game di HPmu untuk mengetesnya.

3. Menggunakan Kabel USB Dan WiFi (Alternatif)

Kamu bisa memilih opsi ini jika aplikasi ApowerMirror tidak bisa kamu gunakan. Opsi ini menggunakan aplikasi Vysor namun aplikasi ini hanya tersedia untuk HP android.

  1. Pertama, instal aplikasi Vysor di HPmu dan juga di komputermu kemudian buka aplikasi Vysor yang ada di HPmu.
  2. Langkah selanjutnya, buka aplikasi Vysor yang ada di komputermu.
  3. Setelah itu pasang USB Cable dari HP ke PC dan jika sudah maka HPmu akan terdeteksi dan namanya akan muncul di aplikasi Vysor.
  4. Untuk menampilkan layar smartphone ke PC menggunakan USB Cable silahkan klik tombol VIEW.
  5. Jika kamu ingin menampilkan layar smarphonemu menggunakan WiFI cukup dengan klik tombol Wifi.
  6. Jika sudah maka otomatis tipe Mirroring berganti dari USB Cable ke WiFi.

Nah, begitulah cara menampilkan layar smartphone kita ke PC yang gratis, mudah dan tidak lag. Semoga bermanfaat.