Mungkin kamu pernah mengalami di saat punya HP baru dan perlu untuk menginstal banyak aplikasi namun kamu sedang tidak punya kuota internet yang mencukupi. Bisa juga di saat kamu perlu instal suatu aplikasi tapi disaat itu kamu sedang tidak berlangganan paket internet sehingga kamu tidak bisa mendownload aplikasi tersebut.

Nah, jika kamu pernah mengalami ke dua hal tadi maka cara-cara mengirim aplikasi android ini bisa jadi sangat berguna. Daripada menggunakan kuota internet untuk mendownload aplikasi android (APK), kamu bisa mengirim aplikasi android dari HP temanmu ataupun dari HP kamu sebelumnya menggunakan koneksi bluetooth dan wifi.

Cara Mengirim Aplikasi Android

Namun jika tujuan pengiriman aplikasinya ada di tempat yang jauh (tidak bisa terjangkau bluetooth dan wifi) maka kamu bisa menggunakan WhatsApp untuk melakukan transfer aplikasi android via internet. Untuk mengetahui cara mengirim aplikasi android dengan mudah tanpa root, yuk simak pembahasan Gadgetlogi berikut ini.

Daftar Isi

1. Cara Mengirim Aplikasi Android yang Sudah Terinstal Melalui WiFi

Kamu bisa menggunakan aplikasi SHAREit untuk mengirim aplikasi android yang sudah terpadang tanpa perlu root HP sehingga garansi HP tetap aman. SHAREit menggunakan koneksi WiFi sehingga tidak memerlukan koneksi internet (kuota). Berikut opsi yang bisa kamu pilih:

Pastikan HP kamu dan juga HP yang akan dikirimi aplikasi android sudah terinstal aplikasi SHAREit. Kelebihan dari SHAREit adalah proses mengirim aplikasi menggunakan jaringan WiFi sehingga jauh lebih cepat utuk mengirim aplikasi android yang berukuran besar daripada mengirim menggunakan jaringan bluetooth.

SHAREit – Transfer & Share
  1. Buka aplikasi SHAREit di HP kamu dan HP penerima. Tekan tombol Kirim di HP kamu dan tekan tombol Terima di HP penerima.
  2. Pada bagian menu kategori pilih Aplikasi lalu silahkan pilih aplikasi yang akan dikirim kemudian tekan tombol Kirim.
  3. Setelah itu pada HP penerima akan melakukan scan untuk mencari HP pengirim. Jika sudah ketemu maka akan muncul avatar dari SHAREit HP pengirim. Jika masih belum ketemu, kamu bisa menghubungkan kedua HP melalui scan barcode.
  4. Klik avatar HP pengirim atau scan barcode yang tersedia untuk memulai pengiriman aplikasi android.
  5. Tunggu proses pengirimannya.
  6. Selesai.

Cara selanjutnya digunakan untuk mengirim file aplikasi android (APK) yang belum terinstal. Meskipun sebenarnya bisa dilakukan melalui File Manager bawaan HP namun karena tampilannya akan berbeda-beda untuk setiap merk HP maka Gadgetlogi akan contohkan cara mengirim APK aplikasi android menggunakan ES File Explorer (tidak perlu root).

File APK yang akan dikirim bisa di dapat dari SHAREit ataupun download di situs penyedia APK seperti apkpure, apkmirror, aptoide dan 9apps.

2. Cara Mengirim File APK Aplikasi Android Melalui Bluetooth

ES File Explorer menggunakan jaringan bluetooth untuk aplikasi android yang sudah terinstal sehingga tidak memerlukan koneksi internet (kuota). Dengan menggunakan jaringan bluetooth maka hanya HP pengirim saja yang perlu menginstal aplikasi ES File Explorer, HP penerima cukup mengaktifkan bluetooth.

File Explorer File Manager
Developer: ES File Manager
  1. Pertama, aktifkan bluetooth di HP pengirim dan HP penerima.
  2. Kedua, buka aplikasi ES File Explorer lalu tekan tombol informasi penyimpanan internal yang ada di atas layar. Tahap pertama ini harus benar, jangan klik tombol Apps.
  3. Lalu cari file APK yang akan dikirim. Setelah ketemu, tekan dan tahan ikon file APK sampai muncul tanda centang dan tombol Send dibagian bawah layar.
  4. Setelah itu pada menu Share files, cari dan pilih Bluetooth. Pastikan bluetooth di kedua HP aktif.
  5. Untuk memulai proses mengirim APK, cari dan tekan nama dari bluetooth HP penerima.
  6. Setelah itu pada HP penerima akan muncul notifikasi kiriman file dari bluetooth. Tekan Terima untuk memulai proses pengiriman.
  7. Selesai.

3. Cara Mengirim File APK Aplikasi Android Melalui WhatsApp

Cara ini bisa digunakan untuk mengirim file aplikasi android (APK) lewat WhatsApp (WA). Kelebihannya adalah kamu bisa mengirim aplikasi android ke orang yang jauh karena koneksi yang digunakan adalah koneksi internet.

Namun kekurangannya adalah kamu memerlukan paket data (kuota) sehingga cara ini tidak cocok untuk kamu yang memiliki kuota sedikit namun ingin mengirim aplikasi android yang berukuran besar.

File Explorer File Manager
Developer: ES File Manager
  1. Pertama, buka aplikasi ES File Explorer lalu tekan tombol informasi penyimpanan internal yang ada di atas layar. Tahap pertama ini harus benar, jangan klik tombol Apps.
  2. Lalu cari file APK yang akan dikirim. Setelah ketemu, tekan dan tahan ikon file APK sampai muncul tanda centang dan tombol Send dibagian bawah layar.
  3. Setelah itu pada menu Share files, cari dan pilih WhatsApp.
  4. Pilih kontak WhatsApp yang akan dikirimi file APK.
  5. Tekan tombol kirim pesan dan proses pengiriman aplikasi akan berjalan.
  6. Selesai.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.