Seiring berkembangnya jaman, membuat sarana berkomunikasi menjadi semakin mudah. Salah satunya menggunakan email. Email merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa diakses dengan gratis oleh seluruh masyarakat di dunia.

Cara Mengirim Folder Lewat Email

Dahulu email hanya bisa digunakan untuk mengirim teks saja, namun saat ini sudah dirancang untuk mengirim file. Dengan adanya email, kita bisa mengirim file kepada siapapun.

Bagi sebagian orang tentunya sudah mengetahui cara mengirim foto atau file melalui email. Namun bagaimana jika kita ingin mengirim folder lewat email?

Bisa jadi bagi sebagian pengguna tidak mengetahui bagaimana cara mengirim folder melalui email. Setiap ada kesulitan maka akan ada kemudahan, untuk mengatasi hal tersebut maka kita bisa mengirimkan folder dengan cara dikompres melalui ZIP/RAR yang ada di komputer kita. Tenang saja, hampir semua komputer saat ini sudah dilengkapi dengan fitur kompresi dan folder secara bawaan tanpa instal software lagi sehingga akan semakin memudahkan kita. Folder yang sudah dikompres akan menjadi file cadangan dari foto atau file penting kita.

Kompres folder merupakan salah satu cara tercepat dan termudah untuk melampirkan file besar ke email.  Dalam pengompresan tidak ada file atau foto yang hilang.

Nah, karena Gmail adalah penyedia email yang saat ini paling umum digunakan maka dalam panduan kali ini Gadgetlogi akan menggunakan email Gmail sebagai contoh. Meskipun demikian panduan ini bisa digunakan juga untuk penyedia email yang lain seperti Microsoft (Outlook) . Mari kita mulai pembahasan kita.

Sebagai penyedia email paling populer di dunia, Gmail memiliki beberapa kelebihan dalam mengirim folder.

  1. Gmail mendukung folder terkompres seperti ZIP/RAR.
  2. Tidak memerlukan aplikasi tambahan.
  3. Dapat mengirim banyak folder dengan mudah.

Sedangkan kekurangannya adalah sebagai berikut.

  1. Tidak dapat mengirimkan file dalam format .exe.
  2. Batas ukuran maksimal lampiran file adalah 25 MB sehingga folder yang dikompres harus berukuran kurang dari 25MB apabila lebih besar dari itu maka harus menggunakan layanan berbagi file seperti Google Drive dan Dropbox.
  3. Sebelum melihat folder, penerima harus membuka kompres folder terlebih dahulu.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengirim folder lewat email Gmail adalah dengan melakukan kompres pada folder yang akan kamu kirim sehingga folder yang akan dikirim akan menjadi 1 file berformat RAR atau ZIP.

Untuk smartphone (Android) kamu bisa menginstal aplikasi RAR / ZIP yang ada di Google Play Store, sedangkan komputer Windows / MAC / Linux sudah memiliki program bawaan yang terinstal secara gratis untuk melakukan kompresi file / folder ke dalam format ZIP namun untuk format RAR, kamu harus instal dulu program WINRAR (berbayar).

Kamu bisa pilih sesuka hati di antara ZIP atau RAR karena secara fungsi sama saja dan karena untuk membuat file ZIP kamu tidak perlu software tambahan lagi dan juga gratis maka Gadgetlogi rekomendasikan untuk mengirim folder lewat email dengan format ZIP. Hal ini selain memudahkan kamu sebagai pengirim dan juga memudahkan penerima karena bisa dengan mudah membuka file folder (ZIP) yang kita kirim.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat folder menjadi ZIP untuk di kirimkan lewat email. Hal yang perlu dicatat adalah kita tidak boleh memberikan password kepada file ZIP yang kita buat karena setiap file yang akan kita kirim melalui email akan dicek terlebih dahulu oleh sistem untuk memastikan keamanannya. Jika file ZIP kita terkunci dengan password maka sistem tidak bisa membukanya dan file kita akan ditolak karena dicap berbahaya.

Daftar Isi

Cara Kompres Folder Menjadi ZIP Agar Bisa Dikirim Lewat Email

Cara ini digunakan untuk komputer Windows. Untuk sistem operasi lain jangan khawatir karena tidak berbeda jauh.

  1. Klik kanan pada folder file atau foto-foto yang ingin kita kompres.
  2. Arahkan kursor pada pilihan send to, kemudian  pilih opsi Compressed (zipped) folder, maka file ZIP baru akan dibuat secara otomatis di lokasi dan nama folder yang sama dengan folder kita.
  3. Untuk menghemat waktu, kita bisa mengkompres beberapa folder sekaligus dengan mengklik pada setiap folder sambil menahan tombol shift pada keyboard, selanjutnya mengikuti langkah-langkah pengompresan folder seperti tadi.
  4. Apabila kita ingin mengubah nama file ZIP, kita bisa menyimpan dan mengubah nama sesuai dengan keinginan kita.

1. Cara Mengirim Folder Lewat Email Langsung Dari Gmail

Berikut ini langkah yang bisa kita lakukan untuk mengirim folder terkompres langsung melalui gmail. Cara ini bisa digunakan jika folder yang kamu kirim berukuran kurang dari 25 MB.

  1. Buatlah pesan email baru di Gmail dengan menekan tombol tambah (+) di pojok kiri atas.
  2. Klik ikon penjepit kertas di bagian bawah.
  3. Pilihlah folder yang sudah terkompres menjadi file ZIP yang baru saja dibuat untuk dilampirkan.
  4. Tunggu sampai file zip selesai diunggah.
  5. Kirim email ke alamat email tujuan seperti yang biasa kita lakukan.

2. Cara Mengirim Folder Lewat Email Menggunakan Google Drive

Cara ini hampir sama dengan mengirim folder langsung dari Gmail. Hal yang menjadi pembeda adalah dengan cara ini kamu bisa mengirim file dengan ukuran yang lebih besar yaitu sekitar 10-15 GB. Kamu bisa gunakan cara ini di komputer, hp android dan juga iphone karena Google Drive bisa dibuka langsung melalui web browser ataupun melalui aplikasi yang ada di hp android dan juga iphone.

  1. Buka Google Drive dengan web browser lalu login dengan akun Googlemu.
  2. Klik tombol tambah yang ada di pojok kiri atas.
  3. Pada menu yang muncul, pilih Folder Upload lalu pilih folder mana yang akan kamu kirim lewat email untuk diupload ke Google Drive.
  4. Jika muncul peringatan “Upload … files to this site? This will upload all files from …. Only do this if you trust the site.” maka klik Upload untuk memulai proses upload.
  5. Tunggu proses upload yang sedang berjalan sampai selesai. Kamu bisa memantau statusnya di pojok kanan bawah.

  6. Setelah upload selesai, cari folder yang baru saja kita upload. Klik kanan folder itu lalu pilih menu Get shareable link.
  7. Pastikan tombol geser di sebelah kanan Link sharing berwarna hijau dan tulisannya menjadi Link sharing on. Jika masih bertuliskan Link sharing off maka silahkan geser ke kanan tombol geser yang ada di samping kanan.
  8. Salin URL yang tersedia, formatnya kira kira seperti ini https://drive.google.com/open?id=ID. URL inilah yang kamu kirimkan lewat email bisa Gmail ataupun Outlook.
  9. Cara mengirim URL folder Google Drive adalah dengan mencantumkan URLnya di isi email.
  10. Ketika penerima email membuka linknya maka dia akan bisa melihat isi dari folder, mendownload file yang dia pilih ataupun juga mendownload semua file sekaligus melalui tombol Download Semua.

3. Cara Mengirim Folder Lewat Email Menggunakan OneDrive

Cara ini hampir sama dengan mengirim folder melalui Google Drive. Hal yang menjadi pembeda adalah dengan cara ini kamu bisa mengirim file dengan ukuran yang lebih kecil yaitu sekitar 4-5 GB. Kamu bisa gunakan cara ini di komputer, hp android dan juga iphone karena OneDrive bisa dibuka langsung melalui web browser ataupun melalui aplikasi yang ada di hp android dan juga iphone.

  1. Buka ke OneDrive dengan browsermu dan login dengan akun Microsoftmu. Jika kamu pernah menggunakan skype, nah akun ini adalah akun sama dengan yang kamu gunakan untuk login di Skype.
  2. Klik tombol Upload yang ada di pojok kiri atas agak ke tengah.
  3. Pada menu yang muncul, pilih Folder lalu pilih folder mana yang akan kamu kirim lewat email untuk diupload ke OneDrive.
  4. Jika muncul peringatan “Upload … files to this site? This will upload all files from …. Only do this if you trust the site.” maka klik Upload untuk memulai proses upload.
  5. Tunggu proses upload yang sedang berjalan sampai selesai. Kamu bisa memantau statusnya di pojok kanan atas.
  6. Setelah upload selesai, cari folder yang baru saja kita upload. Klik kanan folder itu lalu pilih menu Share.
  7. Pada menu yang terbuka, klik tombol Copy Link yang ada di pojok kiri bawah.
  8. Langkah terakhir silahkan salin URL folder yang ada untuk dikirimkan melalui email Gmail ataupun Outlook.

Nah, sangat simpel dan mudah kan. Demikian artikel mengenai cara mengirim folder melalui gmail. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu. Jangan lupa dishare ke teman yang lainnya juga.