WhatsApp adalah aplikasi smartphone yang saat ini masih menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan banyaknya pengguna dan juga kompetitor akhirnya mendorong WhatsApp untuk selalu menyediakan fitur terbaru namun tetap menjadi aplikasi yang aman dan ringan untuk semua kalangan.

Cara Update WhatsApp

Jika kamu masih menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama dan kamu sudah sangat lama tidak mengupdatenya, maka setelah 14 hari pihak WhatsApp akan memberitahu kamu saat kamu membuka aplikasi WhatsApp untuk segera melakukan pembaharuan aplikasi. Jika kamu tidak perbarui aplikasi WA versi lawas setelah batas waktu yang telah ditentukan maka kamu tidak akan bisa masuk ke aplikasinya.

Nah, meskipun aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka karena kadaluarsa terkadang bisa diakali dengan mengubah tanggal pada HP namun cara tersebut tidak Gadgetlogi anjurkan karena pentingnya update aplikasi WA. Namun tentu saja kamu bisa menggunakan cara tersebut jika sangat terpaksa misalnya kamu sedang tidak mempunyai kuota yang mencukupi untuk update aplikasi akan tetapi sangat perlu untuk segera menggunakan WhatsApp.

Daftar Isi

Kenapa Perlu Update Aplikasi WhatsApp?

  1. Untuk bisa mendapatkan fitur terbaru WhatsApp.
  2. Aplikasi WhatsApp menjadi lebih aman.
  3. Aplikasi WhatsApp menjadi lebih ringan, lancar dan stabil.

Sebagai contoh, pada tanggal 10 Juni 2020 pihak WhatsApp merilis pembaharuan penting yang memungkinkan aplikasi WhatsApp untuk digunakan group video call dan juga group voice call sampai dengan 8 orang. Namun dengan syarat setiap orang harus sudah memiliki aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru.

Sekilas Mengenai Update Aplikasi WhatsApp

  1. Apakah update aplikasi WhatsApp akan menghilangkan / menghapus chat dan media (foto, video, audio) yang ada di aplikasi WA?
    Jawabannya adalah TIDAK.
  2. Apakah update aplikasi WhatsApp akan mengeluarkan kita dari semua grup chat?
    Jawabannya adalah TIDAK.
  3. Apakah update aplikasi WhatsApp akan membuat HP menjadi lemot / lag / lambat?
    Jawabannya adalah TIDAK. Karena selama pihak WhatsApp menyediakan pembaharuan untuk HP kamu melalui Play Store atau App Store maka versi aplikasi whatsapp tersebut adalah yang paling pas untuk spesifikasi (processor, RAM) HP kamu sehingga aplikasi WA tersebut akan berjalan dengan aman, lancar, stabil dan ringan untuk HP kamu.

Cara Memperbarui Aplikasi WhatsApp Android

1. Melalui Google Play Store

  1. Pertama, buka aplikasi Play Store dan pastikan kamu memiliki koneksi internet yang aktif. Kamu bisa menggunakan koneksi WiFi ataupun paket data.
  2. Lalu pada kolom pencarian ketik “whatsapp” tanpa tanda petik.
  3. Selanjutnya, pilih jenis aplikasi WhatsApp yang ingin kamu perbaharui yaitu aplikasi WhatsApp Messenger atau aplikasi WhatsApp Business.
  4. Jika terdapat pembaharuan versi terbaru aplikasi WhatsApp maka akan muncul tombol hijau dengan tulisan Update di sebelah kanan nama aplikasi.
  5. Klik tombol Update untuk memulai proses pembaharuan aplikasi WhatsApp versi lawas ke versi terbaru.
  6. Selesai.

2. Melalui Situs Resmi WhatsApp

  1. Buka browser, kamu bisa menggunakan web browser apa saja seperti browser bawaan atau browser Chrome.
  2. Kemudian buka alamat https://www.whatsapp.com/android/ lalu tekan tombol UNDUH SEKARANG berwarna hijau yang ada di tengah halaman.
  3. Setelah itu akan muncul pesan konfirmasi tentang pengunduhan APK WhatsApp dengan versi terbaru. Pada tahap ini kamu bisa memilih tempat penyimpanan yang akan kamu gunakan, bisa memori internal ataupun memori external. Untuk memulai proses download, klik Oke.
  4. Dan tunggu proses download hingga selesai.
  5. Jika sudah selesai proses downloadnya, buka file WhatsApp.apk yang sudah kamu download lalu tekan tombol PASANG.
  6. Tunggu proses instalasi.
  7. Selesai, aplikasi WhatsApp versi lawas kamu sudah menjadi versi terbaru.

Cara Memperbarui Aplikasi WhatsApp Iphone

1. Melalui App Store

  1. Buka App Store di HP iphone kamu lalu tekan tombol Search yang ada di pojok kiri bawah layar.
  2. Selanjutnya ketik “whatsapp” tanpa tanda petik dan tekan tombol cari pada Keyboard.
  3. Setelah hasil pencarian muncul, pilih jenis aplikasi WhatsApp yang ingin kamu perbaharui yaitu aplikasi WhatsApp Messenger atau aplikasi WhatsApp Business
  4. Jika terdapat pembaharuan versi terbaru aplikasi WhatsApp maka akan muncul tombol dengan tulisan Update di bawah nama aplikasi.
  5. Klik tombol Update untuk memulai proses pembaharuan aplikasi WhatsApp versi lawas ke versi terbaru.
  6. Selesai.

Semoga bermanfaat.